Sunday, November 12, 2017

Selalu Berfikir Negatif



Menurut berbagai ahli medis,  negatif Thinking atau berfikir negatif merupakan salah satu faktor utama seseorang mudah terserang penyakit.  Ironisnya,  berpikir negatif seperti sudah menjadi salah satu bagian dari keseharian manusia.  Sebagian besar manusia pasti pernah berpikir negatif setiap harinya.  Hal ini di buktikan melalui penelitian oleh Pusat intelegensia kesehatan (PIK) kementerian kesehatan Republik Indonesia.  Penelitian yang dilakukan pada 3000 anak indonesia tingkat SD sampai SMP menunjukan potensi anak berpikir negatif saat memasuki usia dewasa mencapai 80% dari jumlah keseluruhan tersebut.
Para ahli menyatakan bahwa jalan hidup seseorang bergantung pada pola pikirnya. Bahkan,  kaum religius yang selalu menyadarkan segala sesuatu kepada tuhan tetap membutuhkan energi dari pikiran.  Teori yg di bangun oleh kazuo merakmi di dalam buku berjudul tuhan dalam gen kita.  Ia menyatakan bahwa didalam diri manusia terdapat dua gen,  yaitu positif dan negatif.  Pikiran dalam hal ini berperan besar dalam mengaktifkan gen tertentu.  Seseorang yang berpikir positif akan mengaktifkan gen positif.  Hal tersebut tentu berdampak sangat baik dalam kehidupannya.  Sebaliknya,  orang yang berpikir negatif akan mengaktifkan gen negatif secara pasti berdampak buruk bagi dirinya sendiri.
Murakami membedakan pikiran positif dan negatif dengan sudut pandang teori entropi.  Ia menyatakan bahwa seseorang yang berpikiran negatif akan meningkatkan entropi dalam tubuhnya. Dalam hal ini,  perlu disadari bahwa gen memiliki peran penting dalam tubuh manusia, ketika gen negatif aktif,  maka hal itu pasti berdampak buruk pada organ tubuh lainnya. 
A.  Faktor Penyebab Seseorang Berpikir Negatif
Sebelum membahas lebih jauh mengenai dampak berpikir negatif,  terlebih dahulu akan membahas mengenai timbulnya pikiran negatif pada diri seseorang.  John Afifi membedakan faktor pemicu pikiran negatif menjadi dua,  yaitu secara internal dan eksternal.  Berikut saya uraikan penjelasannya. 
1. Faktor Internal
Pikiran negatif pada diri seseorang dapat disebabkan oleh tiga faktor internal sebagai berikut :
·       tingkat spiritualitas yang rendah
·       memiliki keyakinan negatif yang terlalu besar terhadap diri sendiri
·      tidak memiliki tujuan hidup yang jelas serta terlalu banyak mempunyai impian dan keinginan.

2. Faktor Eksternal
Sedangkan faktor yang tergolong bersifat eksternal sebagai pemicu pikiran negatif adalah sebagai berikut :
·      ‌ sering menjadikan hal-hal negatif sebagai fokus utama
·      selalu melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat. 
Dengan mengetahui faktor pemicu pikiran negatif, anda diharapkan mampu bersikap tepat ketika gejala-gejala  yang telah disebutkan mulai dirasakan, anda harus menjauhkan diri dari pikiran negatif agar terselamatkan dari hal-hal yang dapat merugikan kehidupan sehari-hari. 
B.  Dampak Pikiran Negatif Bagi Kesehatan
Di Jepang,  terdapat sebuah peribahasa yang artinya "penyakit datang dari pikiran".  Pikiran seseorang sangat menentukan antara mengaktifkan gen positif atau negatif.  Sebuah penelitian di Washington,  Amerika Serikat,  menunjukkan bahwa pikiran negatif dapat memperburuk penyakit seseorang. Akibatnya,  ia mengalami rasa sakit pada organ tubuhnya,  dengan demikian sangat masuk akal apabila berpikir negatif dapat menimbulkan berbagai penyakit.  Adapun jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh pikiran negatif,  diantaranya :
  • ‌leukemia
  • Ginjal
  • diabetes
  • hepatitis
  •  insomnia
Beberapa penyakit yang disebutkan tersebut sangat berbahaya bagi manusia karena dapat menyiksa sepanjang hidup.  Oleh sebab itu,  sangat tepat apabila para ahli mengatakan bahwa pikiran negatif adalah sumber penyakit. Jadi,  usahakan untuk selalu berpikir positif jika menginginkan hidup lebih bahagia dan terbebas dari penyakit.  Kalaupun tidak terhindar dari penyakit,  dengan pikiran positif anda mempu menjalani hidup dengan lebih tenang dan tenteram.


SUMBER :
Afifi. John.(2012). Mengubah Energi Negatif menjadi Positif.Yogyakarta:Diva press.
Healt.detik.com
Murakami,kazoo.(2007).Tuhan dalam Gen kita. Bandung:Mizan


No comments:

Post a Comment