SISTEM
INFORMASI
Sistem
informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial
dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu
dengan laporan-laporan yang diperlukan.
1. Pengertian
Sistem Informasi (SI) Menurut Para Ahli
- John F. Nash: Pengertian sistem informasi
menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat
teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan
komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin,
membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar
pengambilan keputusan yang tepat.
- Henry Lucas: Pengertian sistem informasi
menurut Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang
diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk
mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.
- Tyoso
: Pengertian sistem informasi
menurut Tyoso bahwa sistem informasi adalah sebagai tipe
khusus dari sistem kerja dimana manusia dan/mesin melakukan pekerjaan
dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/jasa
bagi pelanggan.
2. Fungsi
Sistem Informasi
- Untuk meningkatkan aksesiblitas
data yang ada secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa dengan
prantara sistem informasi.
- Memperbaiki produktivitas
aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
- Menjamin tersedianya kualitas
dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
- Mengidentifikasi kebutuhan
mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
- Mengantisipasi dan memahami
akan konsekuensi ekonomi
- Menetapkan investasi yang akan
diarahkan pada sistem informasi
- Mengembangkan proses
perencanaan yang efektif
3. Komponen
Sistem Informasi (SI)
komponen-komponen
dari sistem informasi adalah sebagai berikut...
1. Komponen input adalah
data yang masuk ke dalam sistem informasi
2. Komponen
model adalah kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang
memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan
untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3. Komponen output adalah
hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua
tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
4. Komponen teknologi adalah
alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input,
menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan
output dan memantau pengendalian sistem.
5. Komponen basis data adalah
kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan
menggunakan software database.
6. Komponen kontrol adalah
komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
4. Ciri-Ciri
Sistem Informasi
a. Baru,adalah informasi yang
didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima
b. Tambahan, adalah informasi
dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya
telah ada.
c. Kolektif, adalah
informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah
sebelumnya.
d. Penegas, adalah informasi
yang dapat mempertegas informasi yang telah ada
Daftar
Pustaka
Hutahaean, jeperson.(2014). Konsep Sistem
Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Tyoso, jaluanto Sunu Punjul, (2016). Sistem
Informasi Manajemen.Yogyakarta: Deepublish.
No comments:
Post a Comment